Monday, June 8, 2015

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Error - enterkomputer.com

Pesan Error atau kesalahan harus ditunjukkan dalam bahasa yang mudah serta tepat dalam penjabaran masalah dan memberikan solusi.

Problem 1 – Search Bar Kosong Setelah Melakukan Pencarian (Severity Rating : 1)

Setelah melakukan pencarian, hasil kata pencarian tidak ditampilkan kembali sehingga bar search kosong. Hal ini akan merepotkan pengguna jika ia salah memasukkan nama produknya apalagi salah
karena satu huruf sehingga harus memasukkan kata tersebut kembali. Jika kata pencarian ditulis kembali, maka pengguna bisa mengubah atau memperbaiki kata pencarian dan menghindari penulisan ulang.

Solusinya adalah tampilkan kembali kata pencarian yang dimasukkan pengguna ke Search Bar.



Problem 2 – Pemeberitahuan Hasil Pencarian Kosong Tidak Ditampilkan (Severity Rating : 1)

Jika hasil pencarian tidak ditemukan, halaman ini tidak menampilkan pesan bahwa tidak ada hasil yang didapatkan serta rekomendasi langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Hal ini akan membuat pengguna sedikit bingung mengenai hasil yang ditampilkan.


Solusinya adalah tampilkan pesan bahwa hasil pencarian tidak ada dan rekomendasi langkah yang harus dilakukan pengguna selanjutnya.

1 comment:

  1. saya setuju dengan iwan, ketika search bar menjadi kosong ketika kita telah mencari pencarian adalah hal yang menjengkelkan. Hal ini dikarenakan user harus menulis kembali keyword yang akan dicari walaupun yang diinginkan user hanya menambahkan keyword, contoh : user mencari "mainan", karena terlalu luas maka user mencari "mainan anak", jika search bar menjadi kosong, user harus menulis mainan anak dari awal dibandingkan hanya menambahkan kata anak. Hal lain yang dapat membingungkan adalah ketika user lupa apa keyword yang ia telah input.

    Semangat~
    drbears.blogspot.com

    ReplyDelete