Monday, June 8, 2015

Recognition Rather Than Recall - enterkomputer.com

Membuat objek, aksi, dan pilihan yang jelas agar mengurangi beban memori pengguna dan pengguna tidak harus mengingat informasi pada bagian tertentu. Cara penggunaan sistem harus jelas dan mudah dimengerti saat dibutuhkan.

Problem 1 – Urutan Produk Tidak Sesuai Abjad (Severity Rating : 3)

Dalam tampilan produk (disini : keyboards & mouse) web enterkomputer.com sudah bagus dalam mengelompokkan keyboard dan mouse dalam satu kelompok merk. Tetapi merk tersebut
tidak terurut sesuai abjad sehingga akan membuat pengguna harus mengingat lokasi merk yang ingin dia cari. Apabila terdapat perubahan atau penambahan merk, hal ini bisa membuat pengguna kebingungan.



Solusinya adalah urutkan merk produk sesuai huruf abjad.


Problem 2 – Merk Produk tidak Memiliki Logo (Severity Rating : 1)


Dalam daftar produk, terdapat produk – produk yang memiliki kategori berdasarkan merknya. Tetapi setiap bagian merk, hanya tersedia tulisan merknya sehingga tidak mudah diingat. Dengan adanya logo yang mendampingi tulisan merk akan menambah keindahan list produk serta memudahkan pengguna ataupun pelanggan untuk mengingat produk yang mereka cari di enterkomputer.com.


2 comments:

  1. Ulasan yang sangat menarik karena saya termasuk pelanggan di enterkomputer.com
    Untuk permasalahan nomor 1, menurut saya enterkomputer.com melakukan pengurutan item berdasarkan brand yang paling sering dicari sehingga dapat memudahkan pelanggan pada umumnya. Namun saya setuju dengan pendapat anda karena memang pengurutan dengan menggunakan abjad akan lebih menguntungkan bagi pengunjung.
    Lalu untuk permasalahan 2, saya rasa penambahan logo pada setiap item akan cukup membantu pencarian barang

    nice post!

    ReplyDelete
  2. Untuk masalah kedua, memang agak sulit diterapkan sepertinya di website yang memiliki barang sebanyak enterkomputer.com. Kemungkinan mereka tidak menampilkan logo dan gambar agar server mereka tidak terlalu berat dan dapat menampilkan informasi sebanyak-banyaknya.

    ReplyDelete