Sunday, February 15, 2015

Interface jalantikus.com

Sekilas tentang Interface :D

Interface adalah suatu sarana atau media yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer dengan seorang user atau pengguna. Interface dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi yang diinginkan.

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu situs web yang menurut saya memiliki interface atau antarmuka yang cukup baik yaitu situs jalantikus.com. Situs ini merupakan
tempat mencari informasi seputar teknologi terkini dan alternatif untuk mengunduh berbagai software dalam platform Windows (PC) dan Android.


Halaman Home jalantikus.com


Bagian yang menarik yaitu : 



  1. Bagian Header yang terdapat 5 kategori posting. Menurut saya, hal ini akan memudahkan pengunjung web untuk mencari kumpulan postingan yang ia inginkan secara cepat dengan diletakkan dibagian header.
  2. Bagian Newsticker yang dapat digeser kekiri atau kekanan. Situs ini menampilkan beberapa postingan terbarunya disana sehingga pengunjung web dapat dengan mudah mencari postingan baru tanpa harus scroll kebawah.
  3. Bagian Samping. Pada bagian ini terdapat beberapa postingan yang sering dikunjungi berdasarkan kategorinya. Selain postingan, terdapat Top Software di masing - masing platform. Hal ini memudahkan pengunjung untuk langsung melihat postingan dan software yang populer.
  4. Bagian Bawah. Pada bagian ini merupakan fitur biasa dari sebuah web untuk menampilkan postingan - postingan yang ada sebelumnya. Yang membuat menarik adalah susunan postingan itu teratur dan memiliki thumbnail serta judul - judul yang menarik sehingga pengunjung ingin membacanya.
Lanjutan dari Halaman Home jalantikus.com
Sekarang kita masuk ke salah satu kategori postingan yaitu software platform Windows :D

Halaman Software Platform Windows

Pada bagian ini terdapat pengkategorian lagi dalam software - software yang disediakan oleh jalantikus.com. Beberapa diantara kategori tersebut yaitu Browser, Multimedia, Antivirus dan Utility. Di bagian samping terdapat Top Apps yang menampilkan software - software yang sering dikunjungi oleh pengunjung web ini. Pengkategorian akan memudahkan pengunjung mencari software yang diinginkan serta Top Apps untuk langsung melihat software yang sedang populer.

Saya juga sering mengunjungi website ini untuk keperluan mengunduh software yang terkadang tidak dapat diambil file executable-nya (yang bisa diinstall :D) dan berita terbaru mengenai gadget yang akan keluar dalam waktu dekat berikut spesifikasinya. Berita lainnya juga menarik yaitu mengenai perkembangan teknologi, penemuan terbaru dan terkadang sejarah suatu teknologi.

Semoga postingan ini bermanfaat dan jangan segan - segan memberikan komentar ya teman - teman! :D

Teman - teman yang saya komentari :
  1.  Aulia Fasya Nugroho - fasyauliuli.wordpress.com
  2.  Muammar Haikal Pradana - muammarhaikal.wordpress.com
  3.  M. Reza Maskadi - rezamaskadi24.wordpress.com  

3 comments:

  1. yupz, interface dari web tersebut menarik dan mempermudah user untuk menggunakannya karena salah satu di bagian headernya terdapat beberapa kategori penting yang dapat secara cepat didapatkan user untuk mencari postingan yang diinginkan.

    ReplyDelete
  2. Artikel yang cukup menarik saudara iwan :D
    Saya sependapat bahwa interface dari jalantikus.com memang baik, pemilihan warna yang tepat dari web tersebut juga membuat user nyaman dalam mengakses info di web tersebut. Selain itu jalantikus.com juga sangat nyaman jika dibuka pada browser di smartphone.

    ReplyDelete
  3. wah bener nih wan, websitenya menarik dan nggak bikin sakit mata. Juga penjelasan yang sudah disampaikan oleh saudara iwan sudah dalam dan menambah wawasan baru bagi yang membacanya

    ReplyDelete