Monday, June 8, 2015

Match Between System And The Real World - enterkomputer.com

Sistem harus ‘berbicara’ dalam bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna. Kata,frasa, dan istilah yang digunakan mengikuti kebiasaan yang ada agar informasi yang disampaikan bersifat natural dan logis.


Problem 1 – Ikon Simulasi menggunakan Ikon “$”(Severity Rating : 1)

Pada sudut kanan atas halaman enterkomputer.com terdapat link menuju halaman simulasi yang merupakan halaman untuk menyusun PC rakitan yang terdiri dari parameter perangkat dan harga
perangkat. Ikon “$” lebih cocok digunakan apabila digunakan untuk halaman transaksi.
Solusinya yaitu ganti ikon “$” dengan ikon yang bersesuaian seperti ikon ‘preview’ atau ‘play’





Problem 2 – Ikon Tulisan Tablet & Smartphone menggunakan Ikon PC (Severity Rating : 1)


Masalah ini mirip dengan masalah diatas yaitu penggunaan ikon yang kurang tepat untuk kategori produk. Menggantinya dengan ikon “Smartphone” sudah cukup memuaskan.

3 comments:

  1. Saya setuju dengan pendapat anda terkait problem icon computer pada enterkomputer yang menampilakn menu tablet dan smartphone.Seharusnya situs tersebut memberikan logo yang sesuai dengan judul, seperti logo handphone atau logo tablet. Dan menurut saya, permasalahan ini diberi nilai severe rating 2. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Ulasan yang sangat baik sekali. Icon-icon yang dekat dengan real world memang akan sangat memudahkan user.

    ReplyDelete
  3. Mungkin icon komputer dipilih karena itu adalah produk utama mereka. Namun, untuk kasus ini memang sebaiknya menggunakan icon yang tepat sesuai dengan produk yang dimaksud, yaitu icon smartphone atau tablet

    ReplyDelete